About / Contact / Disclaimer / Privacy Policy / Sitemap

Informasi seputar obyek wisata menarik, populer di Indonesia maupun luar negri.

19 September 2015

Pesona Obyek Wisata Curug Nangga di Banyumas

Tempat wisata di Banyumas memang banyak menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis dan alami. Sebuah daerah yang sering disebut sebagai kota Ngapak ini memiliki berbagai destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang berada di Banyumas dan sekitarnya. Banyumas memang memiliki tempat wisata yang tersebar di berbagai kecamatan yang ada di Banyumas seperti di Baturraden. Di Baturraden sendiri memiliki berbagai tempat wisata yang sudah sangat terkenal seperti pancuran pitu, pancuran telu, curug Cipendok, curug Ceheng, dan masih banyak yang lainnya.

Obyek Wisata Curug Nangga
Obyek Wisata Curug Nangga
Salah satu tempat wisata di Banyumas yang pada tahun 2015 baru terkenal dan sedang tren adalah curug Nangga. Curug Nangga merupakan curug yang berada di kabupaten Banyumas, tepatnya berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Curug Nangga ini terkenal karena ramai dibicarakan di berbagai media social seperti facebook, twitter, dan lainnya. Curug yang memiliki 7 tingkat air terjun ini menjadi terkenal karena pemandangannya yang indah, mirip seperti air terjun di Tabanan Bali.

Sebelum terkenal seperti sekarang ini, Curug Nangga sebenarnya sudah sering dijadikan tempat wisata bagi warga sekitar desa. Namun karena ada wisatawan yang membagikan foto-foto Curug Nangga di internet, akhirnya Curug ini menjadi perbincangan. Semenjak terkenal, banyak wisatawan yang berasal dari sekitar Banyumas maupun yang berada di luar Banyumas yang berdatangan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Pemerintah kabupaten Banyumas juga tidak tinggal diam dengan melihat potensi wisata yang berada di daerahnya. Pemerintah langsung memberikan petunjuk jalan untuk menuju ke tempat wisata Curug Nangga.

Kelebihan curug Nangga adalah tempatnya yang jauh dari keramaian sehingga suasananya tenang dan menyegarkan pikiran. Untuk bisa menikmati segarnya pemandangan di Curug Nangga, wisatawan direkomendasikan menggunakan kendaraan roda 2 atau sepeda motor. Hal ini dikarenakan akses jalan menuju ke tempat wisata yang masih berupa batu alam yang ditata sehingga membutuhkan ketrampilan mengemudi yang lebih. Pengunjung yang ingin mengunjungi Curug Nangga harus melewati tanjakan dan jalan yang kurang mulus.

Jalan Menuju Curug Nangga
Jalan Menuju Curug Nangga
Untuk rutenya, wisatawan dapat mengambil jalan Purwokerto Tegal. Jika dari arah selatan / arah Ajibarang, petunjuk yang bisa digunakan adalah dari jembatan timbang bernama jembatan Kali Tonjong. Setelah melewati itu, akan terdapat Rumah Makan cukup besar yang merupakan Rest Area dari bus PO Sumber Alam. Sekitar 100 meter dari rumah makan tersebut terdapat pos ojek yang bertepatan dengan pertigaan bernama pertigaan Cikawung. Dari pertigaan tersebut wisatawan dapat belok ke kiri menuju Desa Semedo, kemudian Desa Petahunan.

Dari desa Petahunan, akan terdapat petunjuk jalan menuju ke Curug Nangga. Lokasi parkir kendaraan berada di dekat sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Setelah memarkir kendaraan, pengunjung masih harus berjalan sekitar 2 kilometer untuk sampai ke lokasi melalui jalan setapak. Jalan menuju lokasi masih berupa anak tangga dan jalan setapak dari tanah sehingga pengunjung diharapkan berhati-hati saat menuju ke curug. Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang cukup menakjubkan berupa sawah-sawah yang masih alami.

Obyek Wisata Curug Nangga
Obyek Wisata Curug Nangga
Setelah sampai di lokasi, pengunjung akan dimanjakan dengan air terjun 7 tingkat dengan hawa yang masih segar. Pengunjung juga dapat menaiki masing-masing air terjun sampai ke air terjun yang paling atas. Namun jika takut jatuh, sebaiknya jangan memaksakan untuk menaiki air terjun sampai ke yang paling atas. Masing-masing tingkat pada curug Nangga sebenarnya memiliki nama yang berbeda. Dimulai dari yang paling bawah bernama curug Benda, kemudian curug Lunjar, curug Bantar Pewinian, curug Pewinian, curug Gomblang, curug Cikidang, dan yang paling atas baru bernama curug Nangga.

Untuk dapat menikmati pesona obyek wisata curug Nangga, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar 5000 rupiah saja. 2000 rupiah untuk biaya parkir kendaraan bermotor, dan 3000 rupiah untuk tiket masuk ke curug Nangga. Biaya yang murah meriah, serta ramah tamah dari warga sekitar menjadi nilai plus obyek wisata curug Nangga ini. Jika wisatawan sedang berada di Banyumas dan sekitarnya, rasanya kurang jika tidak mengunjungi curug Nangga ini karena akan membuat anda penasaran tentang keindahan dan tantangannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pesona Obyek Wisata Curug Nangga di Banyumas

2 comments: