About / Contact / Disclaimer / Privacy Policy / Sitemap

Informasi seputar obyek wisata menarik, populer di Indonesia maupun luar negri.

19 September 2015

Obyek Wisata di Baturaden Yang Wajib Dikunjungi

Baturaden yang terletak di kaki gunung Slamet adalah salah satu daerah di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang memiliki berbagai tempat wisata. Kita akan dengan mudah menemui berbagai tempat wisata di sekitar Baturaden karena letak antara satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya yang tidak terlalu jauh. Apalagi pemerintah daerah setempat sangat tanggap dengan objek wisata yang ada di sekitar Banyumas. Hal ini ditandai dengan pemasangan berbagai petunjuk jalan untuk menuju ke tempat wisata sehingga akan memudahkan pengunjung yang belum tahu jalan menuju ke tempat wisata yang akan dikunjungi.

Selain itu, tempat wisata yang berada di sekitar Baturaden memiliki ciri yang khas yakni berhubungan dengan air. Rata-rata objek wisata di sana adalah yang ada hubungannya dengan wisata alam dan air. Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang datang ke Baturaden untuk menikmati pemandangan alam yang masih alami dan udara yang masih segar. Selain tempat wisatanya, banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke daerah Banyumas untuk mencicipi kuliner khas Banyumas yang sudah sangat terkenal.

Berbagai makanan khas dari Banyumas yang terkenal antara lain tempe mendoan, soto sokaraja, kripik tempe, getuk goreng, nopia, mino, dan masih banyak yang lainnya. Rata-rata tempat wisata di Baturaden masih terjaga keaslian dan keasriannya. Selain itu, masih banyak tempat wisata yang masih sepi pengunjung sehingga cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam dengan suasana yang sepi dan menyegarkan. Berikut ini adalah beberapa objek wisata di daerah Baturaden yang dapat anda kunjungi saat berwisata ke sana.

Objek wisata pertama yang wajib anda kunjungi ketika berada di Baturaden adalah pancuran pitu Baturaden. Diberi nama pancuran pitu ini karena terdapat 7 pancuran atau air terjun. Untuk menuju tempat ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4. Dari pertigaan Baturaden hanya berjarak sekitar 4 km. Yang menarik dari pancuran pitu adalah airnya yang berupa air panas dan mengandung belerang. Tak jarang banyak pengunjung yang menikmati sensasi air belerang ini untuk mencuci anggota badan, termasuk mencuci muka. Air yang mengandung belerang memang dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Namun untuk menikmati pancuran pitu ini, pengunjung harus berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan ke objek wisata.

Pancuran Pitu
Pancuran Pitu
Tiket masuk ke pancuran pitu juga sangat murah yakni hanya 5000 rupiah saja. Di obyek wisata ini juga tersedia berbagai makanan dan minuman yang dijual oleh masyarakat sekitar sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan kelaparan atau kehausan karena perjalanan menelusuri anak tangga dari parkiran ke pancuran. Selain pancuran pitu, pengunjung juga bisa langsung menuju ke tempat wisata di sebelah pancuran pitu yaitu pancuran telu. Tak jauh berbeda dari pancuran pitu, pancuran telu juga memiliki air panas sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Tak jauh dari pancuran tersebut juga terdapat tempat wisata lainnya yakni Telaga Sunyi. Telaga Sunyi memiliki air yang menyegarkan dan sejuk. Akan tetapi pengunjung dilarang untuk berenang di Telaga Sunyi karena dapat membahayakan nyawa pengunjung sendiri.

Jika anda hobi berkemah di alam bebas, anda dapat berkunjung ke Wana Wisata Baturaden. Tempat wisata ini adalah hutan yang dapat digunakan untuk tempat rekreasi bersama keluarga. Lokasinya juga cukup strategis, hanya berjarak kurang lebih 2 km saja dari pintu masuk ke Baturaden.

Wana Wisata Baturaden
Wana Wisata Baturaden
Jika ingin pergi ke taman, Baturaden juga memiliki taman yang tak kalah bagus dari taman-taman di kota lainnya. Tempat wisata tersebut bernama Taman Kaloka Widya Mandala. Taman ini juga sedang menjadi tren karena sedang dibangun Kebun Raya Baturaden. Kebun Raya Baturaden ini memiliki keunggulan tersendiri karena lokasinya yang berada di dekat gunung Slamet. Secara otomatis udaranya lebih sejuk dan segar. Taman ini cocok digunakan untuk rekreasi bersama dengan keluarga maupun teman.

Kebun Raya Baturaden
Kebun Raya Baturaden
Tempat wisata lain yang juga tak kalah menarik adalah teater alam Baturaden. Teater alam Baturaden ini merupakan sebuah teater, namun berada di dalam sebuah pesawat Foxer 28 Garuda Indonesia Airways. Disini, pengunjung akan disuguhkan film-film bagus dengan sensasi seperti naik pesawat. Teater ini berada di sebelah pintu masuk Baturaden sehingga sangat mudah dijangkau oleh wisatawan.

Theater Alam Baturaden
Theater Alam Baturaden

Beberapa tempat wisata lainnya yang berada di sekitar Baturaden antara lain adalah curug Gede, curug Cipendok, curug Ceheng, dan curug Belot. Pada kesempatan lainnya, kami akan coba berbagi informasi mengenai beberapa obyek wisata Baturaden lainnya tersebut. Untuk saat ini itulah beberapa tempat wisata di sekitar Baturaden yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan yang sedang berada di daerah Banyumas dan sekitarnya. Semoga informasi diatas bermanfaat, terutama bagi anda yang memang sedang mencari informasi atau referensi obyek wisata di Baturaden dan sekitarnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Obyek Wisata di Baturaden Yang Wajib Dikunjungi

1 comments: