About / Contact / Disclaimer / Privacy Policy / Sitemap

Informasi seputar obyek wisata menarik, populer di Indonesia maupun luar negri.

19 September 2015

Inilah Obyek Wisata di Pacitan yang Terkenal

Pacitan adalah salah satu daerah di propinsi Jawa Timur yang memiliki beragam tempat wisata. Salah satu kota paling barat dari Jawa Timur ini banyak terdapat tempat wisata yang rata-rata adalah wisata goa. Maka kota Pacitan sering juga disebut dengan kota Seribu Goa. Jika kita pergi ke Pacitan, kita akan dengan mudah menemukan informasi tempat wisata yang berkaitan dengan goa. Namun selain goa, Pacitan juga memiliki berbagai tempat wisata lainnya yang tak kalah terkenal nan juga indah. Berikut ini adalah tempat wisata di Pacitan yang terkenal oleh wisatawan baik wisatawan local maupun wisatawan dari luar daerah.

Pantai Klayar

Pantai Klayar
Pantai Klayar
Tempat wisata pertama yang cukup terkenal di Pacitan adalah pantai yang bernama pantai Klayar. Pantai yang berada di Kecamatan Donorojo, Pacitan ini memiliki pantai yang indah dengan pasir putih dan juga pemandangan yang luar biasa. Untuk menuju lokasi pantai Klayar, wisatawan harus melalui jalan yang berkelok-kelok dan terjal. Karena kondisi jalannya yang terdapat banyak tikungan, serta banyak tanjakan dan turunan, wisatawan harus berkendara secara hari-hati. Namun kondisi jalan menuju ke pantai ini sudah tergolong bagus dan dapat dilewati oleh mobil dengan mudah. Kelebihan dari pantai Klayar adalah batu karang yang mirip dengan patung Sphink dan juga terdapat air mancur alami. Selain itu, ada juga dinding batu menjulang tinggi yang dapat digunakan untuk berfoto. Wisatawan yang berkunjung ke pantai Klayar ini sering menyebut pantai Klayar mirip seperti objek wisata Tanah Lot di Bali.

Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria
Tempat wisata selanjutnya adalah Pantai Teleng Ria. Objek wisata ini merupakan pantai yang paling strategis karena lokasinya yang sangat dekat dengan kota Pacitan. Jarak dari kota Pacitan ke pantai ini hanya berjarak 4 km dengan jarak tempuh yang hanya kurang dari setengah jam. Keunggulan lain dari pantai Teleng Ria adalah tempatnya yang luas dengan pantai sepanjang 3 km. Jadi walaupun sedang banyak wisatawan, kita tetap bisa menikmati suasana pantai dengan ombak yang tidak begitu besar. Di pantai ini, wisatawan juga dapat membeli oleh-oleh berupa ikan laut yang masih segar karena di pantai Teleng Ria terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo
Di Pacitan ada pantai lainnya yang tak kalah terkenal bernama Pantai Banyu Tibo. Dinamakan pantai Banyu Tibo dikarenakan di pantai ini terdapat banyu tibo atau air jatuh yang berupa air terjun yang airnya mengalir langsung ke pantai. Inilah keunikan dari pantai Banyu Tibo sehingga tempat ini menjadi terkenal baik di masyarakat lokal maupun pengunjung yang berasal dari luar kota. Pantai ini berada di sebuah desa bernama Desa Widoro di kecamatan Donorojo, Pacitan. Air jernih yang jatuh dari air terjun membuat tempat ini menjadi spot foto yang sangat bagus. Apalagi ditambah dengan suasana pantai dengan pasir putih akan membuat suasana semakin syahdu.

Goa Gong

Goa Gong
Goa Gong
Selain pantai, Pacitan juga memiliki destinasi wisata lain yang terkenal yakni goa. Pacitan sendiri memiliki sebutan kota Seribu Goa karena memang di Pacitan terdapat banyak objek wisata yang berkaitan dengan goa. Dan salah satu obyek wisata goa yang cukup terkenal di Pacitan adalah goa Gong. Dinamakan Goa Gong karena di dalam goa tersebut terdapat satu ruangan yang jika batunya dipukul akan mengeluarkan bunyi seperti alat musik jawa bernama Gong. Goa Gong terletak di desa Bomo kecamatan Pucung, Pacitan dengan jarak dari kota kurang lebih 30 km. Karena sudah terkenal, goa Gong memiliki berbagai fasilitas diantaranya adalah lampu di dalam goa, serta jalan setapak dan pembatas jalan untuk membantu pengunjung menyusuri dalamnya goa.

Sungai Maron

Sungai Maron
Sungai Maron
Tempat wisata di Pacitan selanjutnya yang dapat dijadikan referensi adalah sungai Maron. Banyak wisatawan yang telah berkunjung ke sungai Maron dan menyebutnya sebagai Green Canyon yang ada di Pacitan. Letak dari sungai Maron berada di desa Dersono, kecamatan Pringkuku. Letaknya juga tidak begitu jauh dari kota Pacitan dengan jarak tempuh yang hanya sekitar 45 menit saja. Sungai Maron menyajikan pemandangan air sungai yang bersih dengan pepohonan hijau di kiri dan kanan sungai. Sungai sepanjang 4-5 km ini dapat dinikmati pengunjung dengan menggunakan perahu dayung. Muara dari sungai Maron akan langsung menuju ke pantai Ngiroboyo. Setiap tahunnya juga diadakan event lomba dayung di sungai ini sehingga dapat menjadi hiburan tersendiri bagi wisatawan yang datang ke sungai ini.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Pacitan. Sebenarnya masih banyak tempat wisata lainnya yang dapat anda kunjungi, mengingat kota ini memiliki banyak sekali tempat wisata baik yang sudah terkenal maupun yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Namun untuk saat ini beberapa obyek wisata diatas dulu yang kami sampaikan, semoga informasi tersebut dapat berguna bagi anda yang berencana ingin berwisata ke kota Pacitan dan sekitarnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Obyek Wisata di Pacitan yang Terkenal

1 comments: