About / Contact / Disclaimer / Privacy Policy / Sitemap

Informasi seputar obyek wisata menarik, populer di Indonesia maupun luar negri.

15 July 2017

9 Obyek Wisata Menarik di Solo, Jawa Tengah

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kota Solo atau yang bisa disebut juga dengan nama Surakarta. Lokasinya yang strategis dan berada di tengah-tengah jalur darat membuat kota Solo cukup ramai dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai daerah, baik yang memang sengaja datang untuk berwisata di kota tersebut maupun yang hanya mampir sebelum sampai di kota tujuan. Kota Solo juga memiliki obyek wisata yang sayang untuk tidak dikunjungi, jadi tidak ada salahnya untuk menyiapkan hari khusus untuk berlibur ke kota tersebut. Berikut kami mencoba berbagi beberapa tempat wisata menarik di kota Solo yang sebaiknya anda kunjungi.


1. Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Air Terjun Grojogan Sewu
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Sebagian dari anda mungkin sudah cukup sering mendengar nama yang satu ini, atau mungkin malah sudah pernah mengunjunginya? Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan tempat wisata di Solo yang termasuk salah satu obyek wisata alam di Solo yang sudah sangat populer terlebih bagi masyarakat Surakarta dan daerah-daerah di sekitarnya. Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan sebuah air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 81 meter yang terletak di lereng pegunungan barat gunung lawu.

Tempat tersebut sudah dijadikan sebagai area wisata sejak zaman kolonial Belanda. Dan untuk menuju kesana, dapat dilakukan dengan perjalanan darat yang akan memakan waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota Solo. Seperti layaknya pada daerah lereng pegunungan lainnya, di lokasi tersebut juga memiliki suhu udara yang sangat sejuk. Dan untuk menikmati kesejukan tersebut anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal karena harga tiket masuk Grojogan Sewu Tawangmangu hanya sebesar Rp18.000,- untuk satu orang.


2. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog
Tempat wisata di Solo yang kami bagikan kedua ini masih seputar wisata alam air jerjun tepatnya Air Terjun Jumog. Tidak seperti di Grojogan Sewu Tawangmangu sebelumnya, air terjun Jumog boleh dibilang lebih sederhana, karena memang Grojogan Sewu lebih dahulu dikembangkan. Ketinggian yang dimiliki Air Terjun Jumog juga tidak setinggi Grojogan Sewu yakin hanya sekitar 30 meter. Namun begitu, bukan berarti salah satu obyek wisata alam di Solo tersebut tidak menarik, anda akan tetap dapat menikmati keindahan alam disana. Jika beruntung anda akan bisa menyaksikan pelangi di tempat wisata tersebut karena konon katanya setiap pukul sepuluh pagi akan muncul pelangi disana.

Air Terjun Jumog juga terletak di lereng Gunung Lawu, kurang lebih berjarak 500 meter disebelah barat candi Sukuh. Harga tiket masuk ke tempat ini pun relatif murah, yakni cukup dengan uang Rp5.000,- saja anda sudah dapat menikmati keindahan alam, kesejukan udara, bermain air, dan banyak lagi yang dapat anda lakukan disana.


3. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta Solo
Keraton Surakarta Solo
Keraton Surakarta merupakan salah satu obyek wisata di Solo yang cukup populer dan banyak disinggahi oleh wisatawan. Ditempat ini wisatawan bisa berkeliling keraton dan melihat berbagai macam koleksi milik kasunanan, benda-benda kuno dan bersejarah, atau anda juga bisa berfoto dengan prajurit keraton Surakarta. Salah satu benda yang cukup menarik adalah Kereta Kencana. Untuk bisa menikmati itu semua anda hanya perlu mengeluarkan sepuluh ribu rupiah saja untuk membeli tiket masuk. Dengan harga tiket masuk keraton Surakarta yang relatif terjangkau tersebut kita bisa menambah wawasan dan juga menikmati keindahan serta keunikan benda-benda yang bersejarah.


4. Tugu Lilin

Tugu Lilin Penumping Kebangkitan Nasional
Tugu Lilin Penumping Solo
Berkunjung ke sebuah tempat atau kota, tentu ada baiknya jika kita mengenal dan mengetahui sedikit sejarah yang ada di kota tersebut. Dan di kota Solo, ada tugu Kebangkitan Nasional atau lebih dikenal juga dengan sebutan Tugu Lilin Penumping karena bentuk tugu tersebut yang seperti lilin dan lokasinya terletak di kelurahan Penumping. Tugu Lilin dibangun pada tahun 1933 yang juga bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-25 sejak Boedi Oetomo didirikan. Seperti yang tertulis pada prasasti yang terdapat di tugu tersebut, pembangunan tugu ditujukan sebagai Peringatan Pergerakan Kebangsaan Indonesia.

Selain untuk menambah wawasan sejarah, Tugu Lilin Penumping atau Tugu Kebangkitan Nasional biasanya juga dijadikan sebagai obyek foto bagi para wisatawan yang datang. Nah, jika anda sedang ke kota Solo, maka sempatkan untuk berkunjung ke lokasi tersebut agar semakin lengkap perjalanan wisata anda di kota Solo.


5. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari Lawiyan Solo
Taman Sriwedari Solo
Satu lagi obyek wisata di Solo yang memiliki unsur sejarah yakni Taman Sriwedari, yang merupakan sebuah kompleks taman di Kecamatan Lawiyan. Taman Sriwedari juga merupakan tempat diselenggarakannya tradisi hiburan malam selikuran sejak era Pakubuwana X. Di taman ini juga terdapat Gedung Wayang Orang (GWO) yang menyajikan seni pertunjukan daerah wayang orang dimana cerita wayang yang disajikan berdasar pada cerita Ramayana dan Mahabarata. Namun tidak hanya itu karena pada kesempatan tertentu digelar juga pertunjukan dengan cerita lainnya.

Agar lebih mengetahui lebih banyak mengenai tempat tersebut, maka anda bisa langsung datang berkunjung ke tempat tersebut. Sambil berekreasi sambil menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.


6. Taman Balekambang

Taman Balekambang Solo
Taman Balekambang Solo
Taman Balekambang merupakan sebuah taman dengan luas kurang lebih 9,8 hektar yang juga menjadi hutan kota bagi warga Surakarta dan resmi dibuka sejak tahun 2008. Terdapat beberapa pepohonan yang telah berusia ratusan tahun di taman tersebut yang menjadikan tempat disekitarnya menjadi teduh. Taman ini juga sering dijadikan tempat berfoto bagi para pasangan yang akan menikah atau foto pre-wedding, karena memang terdapat spot-spot yang indah untuk berfoto.

Di obyek wisata taman Balekambang juga telah disediakan layanan internet yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung secara cuma-cuma alias gratis. Hal tersebut tentu menambah kenyamanan para pengunjung, dan bukan tidak mungkin membuat pengunjung betah berlama-lama di taman. Nah, jika sedang berada di kota Solo, maka tak ada salahnya untuk menyempatkan diri mampir ke taman Balekambang, untuk melihat-lihat sekaligus sejenak melepas lelah.


7. Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World Solo Baru
Pandawa Water World Solo Baru
Bagi anda yang berlibur di kota Solo bersama anak-anak anda, maka obyek wisata di Solo yang satu ini rasanya wajib untuk kunjungi. Tentu saja tidak hanya anak-anak, remaja dan orang dewasa pun cocok untuk berlibur di tempat tersebut, karena terdapat cukup banyak wahana yang tersedia. Action River, Fantastic Slide, Bima Slide, Sight Tower dan masih ada banyak lagi wahana lainnya dapat anda nikmati di Pandawa Water World Solo Baru. Bagi anda yang suka berenang atau obyek wisata air, maka belum lengkap rasanya jika anda belum mencoba berkunjung ke tempat wisata di Solo yang satu ini.

Harga tiket Pandawa Water World Solo Baru untuk hari biasa (weekdays) yakni Senin-Jumat adalah delapan puluh ribu rupiah, sedangkan untuk weekend (Sabtu-Minggu) harga tiket masuk adalah Rp100.000,-.


8. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman
Kampung Batik Kauman
Dari namanya, rasanya anda semua sudah bisa menebak obyek wisata apa tempat yang satu ini? Ya, Kampung Batik Kauman merupakan salah satu tempat wisata belanja yang dapat anda kunjungi di kota Solo. Bagi anda yang menyukai batik, maka rasanya wajib untuk mengunjungi tempat ini untuk menambah koleksi batik yang anda miliki. Kebanyakan produk batik di tempat ini memiliki warna gelap dengan motif yang modern. Produk Kampung Batik Kauman sudah cukup terkenak sampai mancanegara dan tidak sedikit orang luar negeri yang sering berbelanaja di Kampung Batik Kauman.

Harga batik di tempat ini bisa mencapai jutaan rupiah, namun tentu saja harga tersebut sebanding degan kualitasnya. Namun begitu ada juga batik yang dapat anda beli dengan harga yang relatif terjangkau dan jika anda sedang mencari oleh-oleh khas Solo untuk saudara atau teman anda, maka anda bisa mencoba mencarinya di Kampung Batik Kauman.

9. Pasar Klewer

Pasar Klewer Solo
Pasar Klewer Solo
Pasar Klewer berlokasi di sebelah utara alun-alun Solo, yang juga menjadi pusat perdagangan batik dan tekstil terbesar di kota Solo. Pada bulan Januari 2014 pasar ini mengalami kebakaran tepatnya pada tanggal 27 Januari 2014 namun pada tanggal 20 Januari 2015 pasar tersebut telah kembali dibuka. Ribuan pedagang berjualan di pasar tersebut setiap harinya dimana para pengunjung dapat menemukan berbagai macam tekstil dan juga batik baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Dan dalam perkembangannya kini banyak juga pedagang yang berjualan kaos, dasi, jaket, seragam sekolah dan lain sebagainya.

Bagi anda yang sedang mencari cinderamata dari kota Solo, baik untuk pribadi ataupun sebagai oleh-oleh untuk teman-teman dan sanak keluarga anda, maka anda juga bisa mengunjungi pasar Klewer untuk menemukan berbagai macam barang yang menarik dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.


Nah, diatas tadi adalah 9 obyek wisata di kota Solo yang layak untuk anda kunjungi. Tentu saja masih ada tempat-tempat wisata di kota Solo lainnya, namun pada kesempatan ini 9 tempat diatas saja yang kami bagikan. Harapan kami tentunya semoga informasi yang kami sampaikan diatas bisa menambah informasi dan menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari tempat tujuan wisata yang menarik, terutama tempat wisata di kota Solo. Dan sudi kiranya bagi anda yang telah membaca informasi diatas untuk membantu membagikan tulisa ini dengan teman-teman anda yang lain dengan menekan tombol berbagi ke sosial media yang ada dibawah tulisan ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Obyek Wisata Menarik di Solo, Jawa Tengah

1 comments:

  1. TEMPATNYA BAGUS BAGUS,,,SAYANGNYA AKU BELUM SEMPAT KE SANA,,,

    ReplyDelete