About / Contact / Disclaimer / Privacy Policy / Sitemap

Informasi seputar obyek wisata menarik, populer di Indonesia maupun luar negri.

24 September 2015

11 Obyek Wisata Terbaik di Jogja, Wajib Dikunjungi

Jogja atau yogyakarta merupakan salah satu kota yang berbatasan langsung dengan propinsi Jawa Tengah bagian selatan. Namanya sudah sangat terkenal bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Terdapat banyak sekali tempat wisata di Jogja yang dapat dikunjungi, mulai obyek wisata sejarah dan kebudayaan, edukasi, kuliner, obyek wisata belanja, ataupun obyek wisata yang sekedar untuk bersantai dan melepas penat dari rutinitas keseharian. Keindahan alamnya yang mempesona dan juga kehidupan masyarakat lokal yang unik juga menjadi salah satu pemikat wisatawan untuk berkunjung kesana.

Ada dua tempat wisata di Jogja yang sudah sangat terkenal dan telah dinyatakan sebagai warisan kebudayaan dunia oleh UNESCO, yakni Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Untuk Candi Borobudur sendiri sebenarnya letaknya di Magelang, namun tidak jauh dari Candi Prambanan di Jogja. Biasanya kedua obyek wisata tersebut cukup sering juga dikunjungi oleh anak-anak sekolah ketika musim liburan tiba, selain juga tempat-tempat lainnya. Dan bagi anda yang berencana untuk berlibur ke Jogja, berikut akan kami sampaikan secara singkat beberapat tempat wisata di Jogja terbaik yang wajib anda kunjungi.

1. Pantai Prangtritis

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis
Tempat wisata Jogja yang satu ini merupakan salah satu obyek wisata yang sangat terkenal di Jogja. Lokasinya berjarak kurang lebih 28km dari pusat kota Yogyakarta, dan karena pantai ini terletak di tepi Samudera Hindia, maka memiliki karakteristik ombak yang cukup besar dan arus yang kuat. Di pantai ini juga terdapat tebing batu yang menjulang tinggi, dan terdapat juga bukit pasir di sekitar pantai yang sering disebut dengan gumuk. Anda juga bisa mencoba untuk bermain paralayang di bukit Parangdong.

Ada hal yang tak kalah menarik mengenai pantai parangtritis, dimana menurut kisah yang beredar dan juga keyakinan masyarakat sekitar, pantai di Jogja yang satu ini merupakan tempat tinggal Kanjeng Ratu Kidul, penguasa laut selatan yang dikenal dengan pakaiannya yang berwarna hijau. Untuk itulah pengunjung pantai ini disarankan atau bahkan dilarang untuk menggunakan pakaian yang berwarna hijau ketika berada di kawasan tersebut, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di pantai Prangtritis juga terdapat delman yang dapat anda sewa untuk mengelilingi pantai. Jadi anda tidak perlu terlalu capek untuk menikmati keindahan pantai tersebut dari ujung satu ke ujung lainnya. Jika anda suka mandi atau berendam dengan air panas, anda bisa ke Parangwedang yang memiliki sumber air panas. Atau jika anda hanya ingin menikmati dan melihat-lihat suasana di sekitar pantai, bersantai di gubuk yang berjejer di pinggir pantai juga dapat anda jadikan pilihan.

2. Pantai Baron

Pantai Baron
Pantai Baron
Obyek wisata di Jogja berikutnya yang dapat anda nikmati adalah Pantai Baron, yang lokasinya berjarak kurang lebih 65km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai ini memiliki pesona panorama yang begitu indah dan mempesona, dan juga merupakan tempat yang cocok bagi anda yang suka dengan berbagai macam hidangan laut. Sajian kuliner laut yang lezat di pantai Baron memang salah satu yang menjadi daya pikat bagi wisatawan yang ingin datang ke tempat tersebut selain dengan keindahan pantainya. Anda bisa mencicipi ikan kakap, lobster, bawal putih hingga ikan tongkol.

Pantai Baron sendiri sebenarnya merupakan sebuah teluk diamana di sisi kanan dan kirinya terdapat bukit yang mengapit. Dua bukit yang mengapit tersebut juga merupakan sebuah area perkemahan dimana anda juga dapat menikmati tempat tersebut untuk berpetualang dan menikmati keindahan sekitar kala malam hari. Keindahan pemandangan laut dan perahu-perahu yang terhampar rapi bibir pantai bisa menjadi salah satu keindahan lainnya yang dapat anda nikmati dari atas bukit tersebut. Naik turunnya jalan yang cukup terjal yang terdiri dari bebatuan karang akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anda.

Pantai ini juga merupakan dermaga bagi para nelayan sekitar, maka anda juga akan dapat menjumpai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di kawasan tersebut sebagai sarana tempat penjualan hasil tangkapan para nelayan. Anda juga bisa berbelanja ditempat tersebut dan tentunya akan anda dapati ikan-ikan yang segar hasil tangkapan nelayan.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan
Seperti telah sedikit disinggung diatas, Candi Prambanan telah dinyatakan sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991, dimana obyek wisata di Jogja yang satu ini merupakan kompleks Candi Hindu terbesar dan termegah di Indonesia, bahkan terbesar juga untuk kawasan Asia Tenggara, yang memiliki tinggi kurang lebih 47 meter. Lokasinya tidak jauh dari Candi Borobodur dan terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Letak Candi Prambanan yang tidak berjauhan dengan Candi Borobodur seakan juga memberikan pesan yang sangat kuat bahwa sudah sejak dahulu kala, di tanah tersebut terjalin keharmonisan dalam kehidupan antara pemeluk agama Budah dan Hindu, khususnya di tanah Jawa.

Kala senja tiba, anda juga akan disuguhi keindahan panorama Candi Prambanan ketika mataharai menyinari bangunan candi dengan gradasinya yang memikat. Untuk itulah rasanya anda wajib mengunjungi obyek wisata di Jogja yang satu ini untuk menikmati keindahan tersebut juga keindahan arsitektur dan desain candi yang begitu indah dari dekat.

4. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro
Jalan Malioboro
Bagi anda yang suka dengan wisata belanja, maka tempat wisata di Jogja yang satu ini wajib anda kunjungi. Inilah jalan yang sudah sangat terkenal dan selalu menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan yang ingin mendapatkan oleh-oleh atau barang unik khas Jogja, atau hanya sekedar menghabiskan waktu. Akan anda temui begitu banyak pedagang yang menjual kaos khas Jogja, tas, pernak-pernik dan hal-hal lainnya di sepanjang Jalan Malioboro. Bagi yang suka berbelanja ke Mall, anda juga bisa untuk mencoba masuk ke Mall Malioboro yang juga terdapat di deretan Jalan tersebut.

Selain wisata belanja, di Jalan Maliboro ini juga menawarkan berbagai macam kuliner yang tentu sangat cocok bagi anda yang senang berwisata kuliner. Dan biasanya pada malam hari anda akan dapat menemukan lebih banyak pedagang makanan yang dapat anda nikmati secara lesehan di sepanjang Jalan Maliboro tesebut.

Di Jalan ini, biasanya anda juga akan dapat menemui beberapa orang yang menggunakan pakaian aneh atau unik, seperti misal berpakaian pocong, prajurit, zombie dan lain-lain, dimana jika mau anda bisa berfoto dengan orang-orang tersebut dengan biaya sukarela.

Informasi lain yang mesti anda ketahui mengenai sejarah jalan tersebut adalah bahwa, pada awalnya Jalan Maliboro digunakan sebagai rute upacara, dan jika ditarik dari Keraton Yogyakarta maka akan membuat sebuah garis lurus menuju ke Gunung Merapi.

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta merupakan salah satu obyek wisata di Jogja yang sangat bersejarah dan boleh dibilang sebagai contoh terbaik arsitektur tradisional Jawa yang cukup menarik. Keraton yang selesai dibangun pada tahun 1790 ini merupakan tempat tinggal Sultan dan keluarganya, dimana Sultan Yogyakarta juga merupakan Gubernur Provinsi Yogyakarta dan juga sebagai kepala budaya di Jogja yang sangat dicintai dan dihormati oleh seluruh masyarakat Yogyakarta.

Untuk menikmati salah satu tempat wisata di Jogja ini, berjalan-jalan di sekitar keraton dengan menelusuri setiap detail kompleks kerajaan bisa menjadi cara terbaik yang anda lakukan. Bangsal Kencono yang merupakan sebuah "paviliun bertahtakan emas" merupakan salah satu bangunan yang sangat mengagumkan yang terdapat di kompleks keraton Yogyakarta. Anda juga dapat mengunjungi museum dan melihat barang-barang koleksi kasultanan Yogyakarta.

Di kompleks keraton Yogyakarta ini anda tidak akan menemukan penjaga militer, karena diyakini bahwa ada kekuatan makhluk halus yang melindungi kompleks keraton. Dan jika anda berniat untuk mengunjungi salah satu obyek wisata di Yogja yang sangat bersejarah ini, maka dianjurkan untuk datang di pagi hari, karena kompleks keraton hanya dibuka mulai jam 8 pagi dan akan tutup jam 2 siang.

6. Resor Kaliurang

Resor Kaliurang
Jika anda ingin menikmati kesejukan udara di daerah Yogyakarta, maka datanglah ke tempat wisata di Jogja yang satu ini. Wisata Kaliurang bisa menjadi salah satu tempat yang sangat pas bagi anda yang ingin melepaskan lelah dan penat dari rutinitas keseharian, dan sejenak menjauh dari keramaian kota. Lokasi tempat ini berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut, sehingga tidak mengherankan jika udara disekitarnya sejuk dan terasa menyegarkan untuk tubuh.

Obyek Wisata di Jogja yang satu ini menwarkan berbagai macam kegiatan wisata menarik yang dapat anda lakukan, seperti berenang, jalan-jalan atau hanya sekedar bersantai menikmati kesejukan. Air terjun Telogo Muncar dan kolam renangnya bisa menjadi tempat terbaik bagi anda yang suka berenang. Anda juga akan menemukan keindahan dan mendapatkan pengalaman yang menarik dengan menyusuri setiap sisi dari resor Kaliurang. Tempat ini juga merupakan tempat yang sering digunakan untuk menginap oleh para pecinta gunung yang akan mendaki ke Gunung Merapi.

Alamat Resor Kaliurang adalah di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta.

7. Gunung Merapi

Gunung Merapi
Gunung Merapi
Pagi hari sekitar jam 7 sebelum kabut turun merupakan salah satu waktu terindah untuk menikmati keindahan pemandangan Gunung Merapi. Kaliadem yang merupakan sebuah kawasan di kaki Gunung Merapi yang terletak kurang lebih 35km sebelah utara kota Yogyakarata merupakan tempat wisata di Jogja yang cocok untuk menikmati keindahan Gunung Merapi. Bagi para pecinta alam, Gunung Merapi tentu sudah tidak asing lagi, karena memang menjadi salah satu obyek pendakian yang cukup favorit bagi para pecinta alam dan gunung.

Pada tahun 2010 terjadi letusan yang besar yang mengakibatkan terjadinya beberapa perubahan ditempat tersebut. Namun hal tersebut juga menambah daya pesona keindahan tersendiri pada Gunung Merapi. Desa-desa yang berjarak 4 sampai 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi kini sudah tidak dapat dihuni lagi, dan sebagai pengganti terdapat banyak hunian sementara (Huntara) yang diperuntukkan bagi mereka yang kehilangan rumahnya. Akan dapat anda temukan juga beberapa jembatan yang masih terputus yang disebabkan oleh lahar dingin maupun awan panas.

Kawasan bekas letusan tahun 2010 tersebut saat ini juga dimanfaatkan sebagai salah satu obyek wisata di Gunung Merapi oleh warga sekitar, sebagai tempat wisata volkano trekking. Para pengunjung bisa menelusuri atau melewati jejak letusan yang terjadi pada tahun 2010 tersebut, dan juga mengunjungi bekas rumah Mbah Maridjan, yang merupakan salah satu tokoh juru kunci yang pernah sangat fenomenal karena keengganannya untuk mengungsi pada tahun 2006 ketika Gunung Merapi akan meletus.

8. Goa Jomblang

Goa Jomblang
Goa Jomblang
Goa Jomblang merupakan sebuah goa yang memiliki pintu masuk atau mulut goa vertikal, jadi untuk masuk kedalam goa ini kita akan seperti masuk kedalam sebuah lobang sumur yakni dari atas. Tinggi antara bibir goa dengan dasar goa bervariasi dan yang terdalam berjarak kurang lebih 80 meter. Diperlukan kemampuan Single Rope Technique (SRT) untuk bisa menuruni Goa tersebut. Teknik tersebut merupakan tekni standar yang dipakai untuk menutuni goa vertikal yang menggunakan sebuah tali sebagai lintasan yang dipakai untuk menuruni ataupun menaiki tempat yang vertikal.

Salah satu obyek wisata di Jogja ini terletak di pegunungan karts yang terdapat di Gunungkidul, tepatnya di desa Jetis Wetan, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Jika anda memasuki goa tersebut pada jam 10 sampai dengan jam 12 siang, maka anda akan dapat melihat sebuah cahaya yang menembuas goa dimana hal tersebut sering disebut dengan "cahaya surga". Saat berada di dasar goa, para pengunjung akan dapat menemui berbagai tumbuhan yang tumbuh dengan subur dan rimbun, dimana pada dinding goa ditumbuhi dengan tanaman perdu. Penjelejah juga dapat beristirahat pada bilik yang terbentuk oleh alam setelah mencapai dasar goa.

Selanjutnya, anda dapat melanjutkan penjelejahan dengan menyusuri sebuah lorong yang mana lorong tersebut terhubung dengan sebuah goa vertikal lainnya, yakni Goa Grubug. Lorong tersebut cukup lebar dan memiliki panjang kurang lebih 500 meter. Tidak terlalu sulit untuk menyusuri lorong tersebut karena terdapat jalan setapak yang disusun memanjang yang terbentuk dari bebatuan. Namun begitu anda harus tetap berhati-hati karena jalan tersebut cukup licin akibat udara di dalam goa yang lembab.

9. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka
Dalam sejarahnya salah satu tempat wisata di Jogja yang satu ini merupakan salah satu museum tertua yang ada di Yogyakarta setelah museum Sonobudoyo. Kebun binatang gembir loka tergolong sebagai sebuah museum zoologicum atau meseum satwa. Obyek wisata ini juga merupakan satu-satunya kebun biatang yang ada di Yogyakarta yang dibuka atau diresmikan pada tahun 1953 tepatnya pada tanggal 10 November 1953 oleh Sultan Hamengku Buwono IX.

Lokasi kebun bintang Gembira Loka berada kurang lebih 6 km dari kawasan Malioboro dan Keraton Yogyakarta, sedangkan dari terimanl Giwangan jaraknya kurang lebih 4 km untuk sampai ke salah satu obyek wisata di Jogja ini. Untuk alamat kebun bintang Gembira Loka sendiri tepatnya berada di Jalan Kebun Raya No. 2, Kotagede, Yogyakarta.

Kebun Binatang Gembira Loka merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak anda. Terdapat banyak koleksi hewan dari seluruh dunia termasuk satwa langka yang bisa anda lihat di tempat ini. Selain koleksi berbagai macam hewan seperti layaknya pada kebun bintang lainnya, terdapat juga beberapa wahana yang dapat anda nikmati seperti wahana ATV, sepeda air, perahu ketamaran, speedboat, menunggang onta, menunggang gajah, transportasi keliling dan lain-lain.

Selain itu terdapat juga kios-kios yang menjual berbagai macam souvenir, mainan anak-anak, makanan dan minuman yang dapat anda temui disekitar tempat parkir. Didalama area kebun bintang tersedia juga kios-kios yang menjual makanan dan minuman. Fasilitas toilet, musholla juga tersedia di tempat wisata ini. Harga tiket masuk kebun binatang Gembira Loka adalah Rp20.000,- untuk weekdays (Senin-Jumat) dan Rp25.000 untuk hari Sabtu-Minggu.

10. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari
Salah satu obyek wisata di Jogja yang juga bersejarah adalah Istana Air Taman Sari. Dulunya tempat ini merupakan taman rekreasi dan mediatasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta. Dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1765 tempat ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan. Lokasinya tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, hanya membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 15 menit dari alun-alun utara Keraton Yogyakarta.

Lokasi disekitar taman memiliki udara yang sejuk karena terdapat beberapa kolam buatan juga terdapat kebun bunga yang menebarkan aroma harum. Untuk masuk ke obyek wisata di Jogja ini anda cukup menyiapkan uang lima ribu rupiah saja untuk membeli tiket masuk. Nah bagi anda yang suka berenang, maka rasanya anda mesti mencoba tempat yang satu ini. Untuk sekedar bersantaipun tempat ini cocok untuk anda kunjungi.

11. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta
Lokasi obyek wisata yang satu ini berada di pusat kota Yogyakarta, dimana tempat ini merupakan sebuah laboratorium dengan kemasan rekreasi yang sangat cocok dikunjungi oleh para pelajar yang ingin berwisata sekaligus menambah ilmu pengetahuan. Para pelajar dapat mendalamai pelajaran sains yang didapatkan dari sekolah dengan melakukan pengamatan langsung secara bebas dan leluasa. Sebagai wahana rekreasi dan belajar maka obyek wisata di Jogja yang satu ini juga terbuka untuk umum termasuk untuk rombongan pelajar. Jadi rasanya tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para siswa dari sekolah ketika musim liburan tiba.

Berbagai fasilitas penunjang juga tersedia di tempat tersebut seperti food court, area bermain (playground), juga ruang pertemuan multifungsi (exhibition hall). Harga tiket masuk Taman Pintar Yogyakarta adalah 8.000 rupiah per orang untuk anak-anak, dan untuk orang dewasa dikenakan 15.000 rupiah per orang.


Itulah tadi 11 obyek wisata di Jogja terbaik yang layak untuk anda kunjungi, dimana tentunya masih terdapat banyak lagi tempat-tempat wisata di Jogja yang menarik yang belum kami sampaikan diatas. Kedepan kami usahakan untuk kembali berbagi informasi mengenai tempat-tempat wisata menarik lainnya yang harus anda kunjungi ketika anda memutuskan untuk berlibur ke Yogyakarta. Dan tulisan kali ini kami cukupkan sampai disini, semoga inforamsi diatas bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang mencari informasi atau referensi tempat wisata di Jogja yang menarik.

Jangan lupa untuk membantu menyebarkan tulisan ini melalui tombol berbagi ke sosial media yang ada dibawah tulisan ini, agar semakin banyak teman-teman atau orang yang mengetahui mengenai destinasi wisata menarik di Yogyakarta diatas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 11 Obyek Wisata Terbaik di Jogja, Wajib Dikunjungi

0 comments:

Post a Comment